TUGAS CRITICAL BOOK REVIEW
CRITICAL BOOK REVIEW
MICROSOFT OFFICE
Disusun Oleh
SHEILA ANGGITA DIVA
(1602050106)
Dosen Pembimbing
Muhammad Arifin, S.Pd, M.Pd
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
T.A 2016/2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas
segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan
penyusunan analisis atau me-review buku ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat
sederhana. Semoga ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk
maupun pedoman bagi pembaca dalam mengetahui tentang Microsoft 2007 dan 2013.
Tulisan ini berisi hasil review saya terhadap buku “Aplikasi
Microsoft Office 2007 (Microsoft word,excel,point plus edmodo)” dan buku “Word
2013” Tujuan review ini adalah untuk mengeksplorasi apa itu Microsoft office
serta bagaimana cara kerja dari Microsoft office 2007 dan 2013, serta apa itu
edmodo dan bagaimana menggunakan aplikasi edmodo.
Harapan saya semoga ini membantu menambah
pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki
bentuk maupun isi analisis ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah yang berisi analisis ini saya akui masih
banyak kekurangan. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk
memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan.
Medan, October 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar_________________________________________________ i
Daftar Isi______________________________________________________ ii
A.
Identitas
Buku Aplikasi Microsoft Office 2007____________________ 1
B.
Ringkasan
Isi Buku__________________________________________ 2
1.
Microsoft
Word 2007
2.
Micorosoft
Excel 2007
3.
Microsoft
PowerPoint 2007
4.
Edmodo
C.
Kelebihan
Buku_____________________________________________ 7
D.
Kekurangan
Buku___________________________________________ 8
E.
Identitas
Buku Word 2013____________________________________ 9
F.
Ringkasan
isi buku__________________________________________ 10
1.
Pengenalan
Microsoft word 2013
2.
Penggunaan Template
3.
Cara cepat bekerja dengan teks
4.
Penggunaan page layout
5.
Penggunaan fungsi page
6.
Penggunaan fungsi insert
7.
Cara membuat gambar, ilustrasi, dan
grafik
8.
Cara mudah menggunakan table
9.
Cara mudah membuat surat
10.
Convert dokumen ke aplikasi lain
11.
Pengaturan review dan tampilan
dokumen
12.
Penggunaan pencetakan dokumen
G.
Kelebihan
Buku____________________________________________ 16
H.
Kekurangan
Buku__________________________________________ 17
I.
Perbandingan
Buku I dan II__________________________________ 18
J.
Kesimpulan
_______________________________________________ 19
K.
Saran
____________________________________________________ 20
L.
Referensi_________________________________________________ 21
IDENTITAS BUKU I
v Judul Buku : Aplikasi Microsoft Office
2007
v Penerbit Buku : Format Publising
v Penulis Buku : Isna Ardila, S.E, M.Si & M.
Arifin, S.Pd, M.Pd
v Tahun Terbit : 2012
v Tebal Halaman : 135 halaman
v Harga Buku : Rp.35.000.00,-
RINGKASAN BUKU
Buku yang
ditulis oleh Isna Ardila, S.E, M.Si dan Muhammad Arifin, S.Pd, M.Pd ini terdiri atas 18 bab. Buku ini berisi
pengertian serta cara kerja Microsoft office 2007 dan apa saja yang ada di
dalam nya, dapat
dilihat dari banyaknya bab dan halaman, buku ini
juga terdapat latihan-latihan soal dari setiap
bab nya. Serta penjelasan yang disertakan dengan gambar agar lebih mudah mengerti.
Ringkasan
kedelapan belas bab
dalam buku Aplikasi Microsoft Office 2007 dari Isna Ardila,
S.E, M.Si dan Muhammad Arifin, S.Pd, M.Pd adalah sebagai berikut:
v
Memulai dan Mengenal Word 2007
Dibuku
ini terdapat beberapa soal tentang Microsoft word 2007 kemudian juga terdapat
kata-kata indah (Hal.37,) dan pengertian
apa itu internet yang membuat mata saya ingin membaca nya sangat menarik untuk
dibaca. Menarik bukan?
Dalam bab I pertama ini berisikan tentang apa itu
Microsoft word dan bagaimana cara kerja Microsoft word 2007 tersebut. Seperti
yang kalian ketahui jika Microsoft Word 2007 adalah software pengolah kata yang
merupakan pengembangan dari versi Microsoft Word 2003 dengan tampilan baru yang
mengganti menu,toolbars dan sebagian
task pane. Untuk memulai mengoperasikan word 2007 juga sama dengan membuka
Microsoft word sebelumnya.
Dalam buku ini, penulis menyertakan beberapa gambar untuk
mengenal tampilan baru Microsoft wor 2007. Berikut tampilan Microsoft word 2007
tersebut
(source:google)
Dalam buku ini dijelaskan bahwa word 2007 mempunyai
tampilan baru pengganti menu dan toolbars yang biasa disebut Ribbon, yang terdiri dari beberapa tabs
menu dan masing-masing tab menu teridiri dari beberapa groups dan setiap group
terbagi dalam beberapa command button atau tombol perintah.
Dalam word 2007
terdapat bagaimana cara mengganti dan mencari teks,menuju bagian tertentu yang
dimaksud adalah word menyediakan fasilitas yang memungkinkan untuk menuju ke
bagiam tertemtu di dokumen lebih cepat dengan menggunakan Go To, serta memperbanyak dan memindahkan teks.
Sama seperti Microsoft word sebelum nya, proses
memformat teks masih sama. Dalam
bab IV menjelaskan bahwa word 2007 memiliki fasilitas untuk mengatur penulisan
naskah menjadi kolom-kolom seperti surat kabar,tabloid. Yaitu dengan cara klik
tab Menu Page Layout, di group Page Setup pilih Colums kemudian pilih jumlah kolom yang diinginkan dan klik More Columns.
Buku
ini menjelaskan word 2007 memiliki fasilita untuk membuat tampilan dokumen
menjadi lebih menarik. Fasilitas tersebut dalam bentuk symbol, gambar,
penulisan rumus dan sebagainya yang terdapat pada tab menu.
Pengaturan
dokumen, mungkin kalian juga sudah tau bagaimana dan apa saja untuk mengatur
dokumen agar terlihat rapid an menarik, buku ini menjelaskan sangat detail
dan juga memasukkan gambar agar kita
lebih mengerti.
Serta
yang terakhir adalah mencetak dokumen, masih sama seperti word sebelumnya. Cara
mencetak lembar kerja yang sudah siap di ketik di word 2007 juga masih sama
yaitu klik office button, klik symbol printer lalu pilih print maka akan muncul
kotak dialog print lalu diatur kemudian tekann Ok.
v
Memulai Dan Mengenal
Excel 2007
Didalam
Bab excel hanya terdapat beberapa soal-soal latihan tentang excel dan juga
penjelasan nya yang detail.
Dalam
Bab tentang Microsoft excel 2007 ini
penulis menjelaskan apa itu Microsoft excel dan juga bagaimana cara kerja
Microsoft excel 2007. Seperti yang kalian ketahui, excel adalah pengolah angka. Untuk memulai mengoperasikan excel 2007 masih
sama seperti sebelum nya. Serta
tampillan nya pun masih sama seperti excel sebelumnya . Berikut tampilan
Microsoft excel 2007
(source:google)
Di dalam excel terdapat workbook
buku kerja yang terdiri dari beberapa lembar kerja. Standart buku kerja
memiliki 3 lembar kerja yaitu sheet 1, sheet 2, dan sheet 3. Dalam keaadan
default, sheet yang aktif adalah sheet 1 lalu untuk mengaktifkan sheet lainnya
kita harus klik sheet yang diinginkan. Jika sheet masih kurang,klik kanan
mouse, klik insert lalu pilih worksheet,
maka sheet akan bertambah.
Microsoft excel memberikan kemudahan
dalam membuat nomor urut. Untuk membuat nomor urut.
Microsoft Excel mempunyai beberapa operasi
perhitungan yaitu: penambahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian
(/), perpangkatan (^), dan persen (%). Untuk melakukan suatu perhitungan atau
penulisan formula harus dimulai dengan mengetik tanda sama dengan (=).
Di
dalam excel terdapat fungsi logical dan fungsi lookup yang berguna untuk
memudahkan kita untuk mengolah raport sekolah misalnya. Misalnya , Fungsi IF dengan format lengkap adalah sebagai berikut : IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
Grafik
menyajikan informasi data lebih terlihat lebih menarik dan komunikatif.
Lalu
excel juga mempunyai fitur mencetak data seperti Microsoft word.
v
Memulai Dan Mengenal
Microsoft PowerPoint 2007
Microsoft PowerPoint merupakan salah satu
program yang banyak dipakai untuk menyajikan informasi dalam bentuk slide. Maka
dari itu seperti yang kalian ketahui bahwa powerpoint seringkali menjadi
pilihan untuk kegiatan presentasi. Dalam buku ini penulis menjelaskan bahwa
powerpoint 2007 menyediakan berbagai fasilitas dan kemudahan-kemudahan dalam
menjalankan programnya. Berikut tampilan Microsoft powerpoint 2007
Di buku ini hanya
terdapat II bab untuk menjelaskan cara kerja dari powerpoint yaitu menggunakan
themes dan animasi serta basic menggunakan Microsoft powerpoint dan juga
beberapa soal-soal latihan seperti sebelum nya.
v
Apa Itu Edmodo Dan
Bagaimana Cara Kerja Nya?
Yang menarik dan ingin sekali saya analisis
dari buku ini adalah tentang edmodo. Apa itu edmodo? Pasti kalian semua
bertanya-tanya. Edmodo adalah platform pembelajaran yang aman bagi guru,siswa
dan sekolah berbasis social media. Yang didirikan pada 2008 di Chicago oleh Nic
borg, Jeff O’Hara dan Crystal Hutter. Sama seperti UN CBT tetapi dengan edmodo
siswa tidak bisa mengetahui hasil nilai nya secara langsung.
Saya sendiri di perkuliahan sudah memakai
aplikasi edmodo ini, yang menurut saya sangat membantu dan mempermudah dalam
membantu dan mengirim tugas kepada dosen. Dan juga program ini sangat membantu
siswa menggunakan internet dari yang negative kearah yang positif,bukan?
Berikut adalah tampilan edmodo
(source:google)
Cara
mendaftar di edmodo sama saja seperti kita mendaftar akun facebook, hanya saja
di edmodo kita bisa memilih apakah kita siswa,guru dan orangtua. Sewaktu saya
mendaftar edmodo saya memilih fitur siswa lalu setelah itu saya mendapat kode
kelas untuk mendaftar di edmodo dari dosen,agar masuk ke dalam group kelas saya
di edmodo.
Dalam
fitur edmodo guru, di edmodo bisa membuat quiz, polling, alert tugas, dan
assignment.
KELEBIHAN BUKU
Dalam
buku aplikasi Microsoft word office 2007 yang ditulis oleh Isna Ardila, S.E,
M.Si dan Muhammad Arifin, S.Pd, M.Pd . Terdapat beberapa kelebihan yaitu
sebagai berikut.
§ Penjelasan mengenai Microsoft
word,excel,powerpoint 2007 sangat lengkap
§ Gambar yang terdapat di dalam buku sangat
jelas dan juga tidak pecah
§ Kata-kata penjelasan nya mudah dimengerti
§ Menjelaskan bagaimana cara kerja dari setiap
Microsoft nya sangat detail dan mudah dimengerti dengan ada nya gambar.
§ Mengenalkan
apa itu edmodo yang sangat jarang di pake dalam pembelajaran di
Indonesia
§ Menjelaskan bagaimana cara kerja edmodo
§ Desain nya sangat menarik karena
berwarna-warni
§ Terdapat latihan-latihan soal untuk memahami
berbagai bab.
§ Terdapat beberapa kata-kata mutiara dan juga
informasi menarik yang ingin di baca.
§ Buku nya cukup tidak tebal sehingga tidak
membosankan untuk dibaca
KEKURANGAN BUKU
§ Ada beberapa tulisan yang kurang jelas dan
hilang
§ Ada beberapa lembar yang hanya terdapat
sedikit tulisan sehingga di halaman tersebut tidak bisa untuk dibaca
§ Ada halaman nya yang kurang karena tulisan
nya yang hilang
§ Banyak terdapat lembar kosong
IDENTITAS BUKU II
v Judul
Buku : 202 Top Tips & Trick
( Word 2013 )
v Penerbit
Buku : Wahana Komputer &
Penerbit Andi
v Penulis
Buku : Kerjasama Penerbit Andi & Wahana Komputer
v Tahun
Terbit : -
v Tebal
Halaman : 259 halaman
v Harga
Buku : Rp.75.000.00,-
RINGKASAN
BUKU
mungkin ada sudah tidak
asing lagi dengan menggunakan atau mengetik dengan Microsoft word 2013, hampir
setiap waktu anda menggunakan untuk mengetik atau membuat dokumen. Microsft
membuat office update dengan fitur baru dan lebih soft dalam menggunakan nya.
Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Ardi & Wahana Komputer ini terdiri atas 12 bab. Buku ini berisi
pengertian serta cara kerja Microsoft word 2013 dan apa saja yang ada di dalam
nya, dapat dilihat dari
banyaknya bab dan halaman, buku ini bukan hanya berisi penjelasan saja
tetapi tips atau cara kerja word 2013. Serta penjelasan yang disertakan dengan gambar agar lebih mudah mengerti.
Ringkasan
kedua belas bab
dalam buku Aplikasi Microsoft word 2013 ini adalah sebagai berikut:

Mungkin kalian sudah tahu apa itu
Microsoft word ? dan bagaimana untuk membuka microsoft word 2013? Cara untuk membuka lembar kerja Microsoft
word 2013 masih sama aja seperti membuka lembar kerja word sebelumnya.
Sebelum
beranjak ke yang lain. alangkah baiknya kita mengenal dahulu lembar kerja
Microsoft word.
Tampilan
Lembar kerja Microsoft word 2013 berbeda dengan Microsoft word
sebelum-sebelumnya, apalagi dengan Microsoft word 2003, tetapi dengan word 2010
dan 2007 hanya sedikit berbeda dengan penambahan fitur.
Dibawah
ini tampilan Microsoft word 2013
Keterangan :
1.
Quick
Access toolbar
Tool bar
ini berfungsi untuk melakukan perintah2 cepat, semacam shortcut, untuk tampilan
yang standar biasanya hanya Save,undo, redo, tapi kalau ingin menambahkan yang
lain bisa klik tanda segitiga kecil, silahkan tambahkan sesuai kebutuhan
kalian.
2.
Title
Bar
Judul halaman dokumen yang sedang diopersiakan / sedang aktif
3.
Tab
Di tab ini ada sederetan menu yang mempunyai fungsi masing-masing,
seperti ada menu home, insert, desain, page layout, refrences, mailings,
review, view
4.
Pengaturan
tampilan ribbon
Di icon ini ribbon diatur, ada 3 pilihan aturan , yaitu
- Auto
Hide ribbon = untuk menyembunyikan ribbon secara otomatis sewaktu kita sedang
mengetik, dan akan tampil otomatis ketika kita menajalankan mouse,
-
Show tab =
Menghilangakan ribbon ( toolbar) , tetapi TAB yang tampil
-
Shows tabs and commands
=menampilkan tab, toolbar dan command dilembar kerja, ini pengaturan defaulet
dari word.
5.
Pengatur
jendela
Untuk mengatur lembar kerja ms. Word, ini terdiri dari:
-
Minimize = untuk
menyembunyikan/mengecilkan dokumen Microsoft word untuk sementara
-
Maximize = untuk
memperbesar/memperkecil dokumen Microsoft word
-
Close = untuk
menutup dokumen Microsoft word
6.
Ribbon
Menampilkan toolbar-toolbar dari menu yang aktif.
7.
Group
Berisikan icon2 yang dikelompokan dan mempunyai fungsi masing-masing,
8.
Ruller
Untuk mengatur margin dilembar kerja
9.
Halaman
Kerja
Untuk mengisi dokumen dengan tulisan ataupun gambar, selayaknya lembaran
buku.
10. Status Bar
Status bar berisikan tentang informasi-informasi di halaman kerja
ms. Word yang sedang aktif, kalian bisa mngatur perintah informasinya dengan
car klik kanan pada status bar. Silahkan ceklis yang perlu di
informasikan/ditampilkan.
bagian-bagian dari status bar :
-
Page
number = informasi nomor halaman kerja
-
Word
count = informasi kata yang sudah diketik/ditulis dihalaman kerja
-
Language
= informasi bahasa halaman kerja
11. View
Untuk mengatur tampilan dihalaman kerja, ini sebutan dari view shortcut,
soanya di menu view sudah tersedian sebenarnya.
12. Zoom
Untuk memperkecil dan memperbesar tampilan halaman
kerja
13. Scroll
Untuk menggulung lembar kerja ms.word.

Di
dalam buku ini ditulis, Template Microsoft word 2013 dalah salah satu
keunggulan dari Microsoft office word 2013 yang ada. Anda dapat membuat
template dengan mudah dan praktis serta efisien. Word 2013 mempunyao
macam-macam template, salah satunya adalah template blank. Berikut adalah tips
membuat dan menggunakan template calendar dari buku Microsoft word 2013
terbitan penerbit andi dan wahana computer : pilih menu file > kemudian new > kategori calendar.

Di
bab ini berisi tentang penggunaan teks dalam membuat dokumen pada wor 2013.
Apabila anda sudah terlanjur menulis atau mengetik dokumen tetapi kurang
memperhatikan huruf besar kecil yang anda tulis, anda dapat mengubah nya dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Pilih
teks yang akan diubah dan blok teks yang akan diubah
2.
Tekan
shift+f3 secara berulang sampai anda mendapatkan huruf sesuai keinginan.

Di bab ini tertulis tentang
penggunaan layout Microsoft word untuk mendukung dokumen anda. Anda dapat
mengetahui jumlah baris dalam dokumen anda untuk memudahkan penghitungan baris.
Untuk mengetahui jumlah baris pada dokumen, dapat dilakukan dengan
langkah-langkah berikut ini :
1.
Pilih
page layout > line numbers > continous
2.
Hasil
dari pengaturan adalah dokumen yang telah
ditambahkan nomor urut dari tiap baris.

Anda
akan dijelaskan bagaimana memperindah tampilan halaman dari dokumen yang anda
buat. Anda dapat menggunakan latar belakang atau border pada dokumen anda untuk
memperindah tampilan dokumen. Anda mungkin ingin membuat dua tampilan orientasi
yang berbeda, misalnya halaman pertama portrait dan halaman kedua landscape.
Untuk membuat orientasi ini dengan
mengikuti langkah-langkah berikut.
1.
Pilih
halaman yang akan anda jadikan orientasi. Misalnya halaman pertama portrait.
2.
Tempatkan
kursor pada halaman kedua.
3.
Aktifkan
page setup. Pada group page setup pilih break > next page.
4.
Pilih
grup page setup > pilih orientation > landscape.

Anda
dapat menambahkan beberapa hal kedalam dokumen untuk menunjang isi dari dokumen
anda. Untuk memasukkan ini menggunakan fungsi insert yang dimiliki Microsoft office
2013. Anda dapat menambahkan gambar, referensi,teks pendukung lain dan masih
banyak lagi.

Pada
pembahasan bab ini akan membahas fungsi dari Microsoft word 2013 untuk
menggambar,membuat ilustrasi, dan membuat grafik. Hal ini tentu tidak asing
lagi bagi anda,karna gambar,ilustrasi dan grafik sering dipakai untuk mendukung
dokumen yang anda buat. Microsoft office word dalam mendukung pembuatan gambar,
memiliki gambar default yang merupakan bawaan dari office word yang di sebut
clipart. Grafik dapat anda gunakan untuk mengilustrasikan laju pertumbuhan atau
penyebaran suatu data. Banyak berbagai pilihan tipe yang bisa anda pilih.

Pada
bab ini buku terbitan penerbit andi dan wahana computer menjelaskan bagaimana
cara mudah membuat table, buku ini menjelaskan langkah demi langkah disertakan
dengan gambar.

Mungkin
sudah tidak asing lagi dengan pembuatan surat,hampir setiap waktu kita
menggunakan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat.buku ini telah menjelaskan
bagaimana cara membuat sumber kutipan surat,membuat daftar pustaka,membuat
daftar otoritas,membuat daftar isi dokumen, dan lain-lain.

Pada
pembahasan ini, buku ini membahas penggunaan Microsoft word 2013 untuk
melakukan convert ke file lain. Ada kalanya anda harus melakukan proses koversi
karena dokumen anda dibuka program lain. Contoh nya medaftarkan akun blog pada Microsoft
word, mempublikasikan blog dengan word,menyimpan dokumen ke website, dan
lain-lain. Di buku ini semua tips dijelaskan dengan sangat detail.

Menjelaskan
cara-cara untuk mengedit hasil pembuatan
dokumen sehingga hasil dokumen anda menjadi lebih rapi dan mengurangi
kesalahan. Contoh nya Microsoft word telah menyediakan fitur perbaikan ejaan
bahasa inggris. Sehingga anda dapat mengetik bahaa inggris dengan ejaan yang
benar. Langkah yang dilakukan untuk memperbaiki ejaan yang salah,yaitu sebagai
berikut : klik file > option , lalu pilih menu proofing kemudian pada bagian when
correcting spelling and grammar in word, tandai kotak check spelling as you type.

Kemudian,
pada bab terakhir dalam buku ini. Buku ini membahas bagaimana cara mencetak dokumen dari Microsoft
office 2013. Sebenarnya, cara mencetak dokumen dari Microsoft office 2013 masih
sama hal nya ddengan mencetak dokumen ketika di mocrosoft word office sebelum
nya. Hanya sama di buku ini, membahas tentang bagaimana menyembunyikan teksagar
tidak ikut tercetak,menggantikan kualitas cetakan secara default serta mencetak
latar belakang berwarna atau bergambar.
KELEBIHAN
BUKU
Setelah
saya membaca buku ini saya dapat menyimpulkan kelebihan buku ini yaitu sebagai
berikut :
·
buku
ini sangat detail dalam memberi tips atau pengarahan bagaimana cara-cara untuk
membuat sesuatu.
·
Kemudian,
buku ini disertakan dengan gambar yang sangat jelas tanpa ada hilang atau sulit
dilihat satu pun.
·
Pemilihan
kata serta penulisan kata nya juga jelas.
·
Design
buku sederhana tetapi sangat menarik ,
·
serta
gambar-gambar yang ada di dalam buku sangat menarik, karena sangat jelas tanpa
ada blur sedikit pun
·
buku
ini sangat detai dalam memberi langkah-langkah menggunakan Microsoft word 2013
KEKURANGAN BUKU
buku
ini memiliki kekurangan yang persis seperti buku sebelumnya, berikut kekurangan
nya :
·
buku ini tidak menuliskan siapa penulis buku
tersebut
·
buku ini tidak menuliskan tahun berapa buku
ini terbit
·
walaupun tulisan buku ini sangat jelas,
tetapi ada banyak salah pengejaan (typo) .
·
tidak menyertakan arti atau penjelasan
·
halaman buku sangat tebal
PERBANDINGAN BUKU I & II

·
berisi penjelasan serta arti-arti dari Microsoft
office 2007
·
penjelasan tentang apa yang sedang
dipelajarin pada materi perkuliahan saat ini
·
isi buku sedikit tidak jelas,kemudian halaman
terdapat beberapa bagian yang hilang
·
tips atau langkah-langkah kurang lengkap
·
pengejaan huruf tidak ada yang salah

·
hanya berisi tips dan trick dari Microsoft word
2013
·
hanya ada beberapa yang dipelajari dalam
materi perkuliahan saat ini
·
isi buku sangat jelas dan halaman lengkap
·
tips atau langkah-langkah lengkap
·
pengejaan huruf banyak terjadi kesalahan
KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat saya ambil
yaitu Microsoft office 2007 dan 2013 hanya sedikit saja perbedaan nya, terutama
Microsoft word 2007 dan 2013. Dari kedua buku ini, saya dapat mencontoh kan
bagaimana tips atau cara yang benar dalam menggunakan Microsoft office. Kemudian,
dari buku yang pertama saya menjadi tahu dan mengenal apa itu edmodo serta
bagaimana cara menggunakan edmodo tersebut. Edmodo sangat memudahkan kita dalam
mengerjakan tugas sekolah.
Dan juga dari buku yang kedua,
sangat banyak tips dan trik untuk memakai Microsoft word 2013 secara lengkap
dari apa saja fitur yang ada di dalam word 2013 tersebut sampai bagaimana cara
menggunakan dan apa saja fungsi fitur tersebut.
SARAN
Dengan
hanya memakai satu buku dari salah satu buku yang saya review ini tidak cukup. Ada
baik nya jika kita memakai kedua buku tersebut sebagai referensi kita untuk
membaca nya. Kedua buku tersebut sangat cocok dikarenakan buku pertama berisi
penjelasan dan langkah-langkah, sedangkan buku kedua hanya berisi tips atau
langkah-langkah untuk melengkapi buku pertama. Walaupun buku kedua lebih banyak
memasukkan cara-cara atau langkah menggunakan Microsoft word, buku pertama
sangat berguna dalam pembelajaran office lain nya serta edmodo.
REFERENSI
Muhammad
Arifin, S.Pd, M.Pd,2012,Manajemen Presentasi Bahan Ajar dengan Microsoft PowerPoint
2007, Penerbit Format Publishing, Medan.
Syafrida
Hani, SE, M.Si,2010, Microsoft Excel 2007, Cita Pustaka Media ,Bandung.
Word
2013 Tips & Trik , Penerbit Andi, Yogyakarta
Word
2013 Tip & Trik, Wahana Komputer, Semarang
Comments
Post a Comment